Sunday, May 6, 2018

Cara Membuat Database Server di Windows Server 2016

Database Server adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis didalam server dan dapat diolah/digunakan menggunakan perangkat lunak(software) untuk menghasilkan suatu informasi.

Tujuan dari artikel ini : 

  • Pembaca dapat mengetahui windows server dapat membuat database
  • Pembaca dapat membuat database server sendiri.
  • Pembaca dapat memahami maksud dan fungsi dari database server

Alat dan Bahan

  • Windows Server 2016 
  • MySql
  • VirtualBox (Untuk versi Virtual) 
Langkah - Langkah dalam pembuatan : 

1. Pertama, install terlebih dahulu aplikasi yang digunakan untuk membuat databasenya, dan disini aplikasi yang digunakan adalah aplikasi MySql. Install MySql.


2. Setelah dibuka installer MySql, maka akan muncul wizard instalasi dari aplikasi ini, pada bagian Licence Agreement, bagian ini berisi tentang perjanjian/lisensi aplikasi MySql ini, Centang pada kotak yang ada, lalu Next. 


3. Pada bagian Choosing a Setup Type, terdapat beberapa opsi setup instalasi yang ada. Mulai dari instalasi secara default, atau hanya server saja, atau mungkin hanya client saja, bisa juga Full, dan Custom(sesuai selera pengguna). Agar semua fitur tersedia, maka pilih opsi Full, lalu Next. 


4. Setelah itu pada bagian Installation, maka akan muncul fitur dari MySQL yang akan diinstall, Execute untuk menginstall. 





























5.  Setelah di Execute, dan akan muncul hasil instalasinya, lalu Next. 

 6. Setelah itu akan masuk kedalam Wizard Instalasi MySQL Server, masukan Password untuk password root MySQL. lalu tambahkan user dengan klik Add User. 


7. Setelah Add User, lalu masukkan Username dan Password pada MySQL User Details, lalu OK. 


8. Lalu akan muncul user yang telah ditambahkan tadi, kemudian Next


9. Pada bagian Windows Service, biarkan dalam keadaan default, lalu klik Next.


10. Kemudian pada bagian Plugins and Extentions, biarkan juga dalam keadaan defauilt,  untuk port yang digunakan oleh MySql yaitu port 33060, kemudian Next.


11. Selanjutnya pada bagian Apply Server Configuration, maka akan terlihat apa saja yang akan dieksekusi oleh MySql, klik Execute untuk meng-eksekusi.


12. Yang telah berhasil dieksekusi akan muncul tanda centang hijau pada bagiannya, setelah itu Finish. 


13. Kemudian akan kembali ke MySQL Adding Community, pada bagian Product Configuration akan terlihat apa saja product dari MySQL Adding Community yang akan digunakan. Lalu klik Next.


14. Setelah itu akan masuk kedalam Wizard MySQL Samples and Examples. Pada bagian awal, masukkan user dan password, kemudian Next.


15. Dan akan terlihat fitur apa saja yang akan diinstall, klik Execute. 


16. Dan Instalasi telah selesai, klik Finish. 


17. Untuk menggunakan MySQL yang telah diinstall. cari MySQL 5.7 Command Line Client pada pencarian aplikasi. Lalu buka. 


18. Setelah dibuka, MySQL akan meminta password. masukkan password. 


19. Untuk melihat database yang ada pada mysql, gunakan perintah "show databases;",dan untuk membuat database, gunakan perintah "create database Nama_Database;". gunakan tanda ";" pada setiap akhir perintah. 


20. database yang telah dibuat telah muncul, lalu untuk mengeksekusi database yang telah dibuat tadi, gunakan perintah "use nama_databasenya;".



21. Setelah membuat database, kemudian membuat tabel(opsional) pada database. gunakan perintah "create table nama_tablenya". lalu masukkan isi dari tabel tersebut. Gunakan tanda"(" diawal untuk isi mengisi table tersebut, dan gunakan tanda ");" diakhir seperti pada gambar.


22. Untuk melihat table yang telah dibuat, gunakan perintah "show tables;".


23. Dan untuk melihat isi dari tabel yang ada gunakan perintah "desc biodata;" . Untuk memasukkan data kedalam isi tabel gunakan perintah "insert into nama_tabel". lalu kemudian datanya.(lihat pada gambar). Setelah memasukkan data, untuk melihat data tersebut pada tabel dapat menggunakan perintah "select * from biodata;" 



24. Perintah yang digunakan untuk menambahkan isi tabel setelah tabel dibuat yaitu "alter table nama_table add nama_isinya varchar(2) after namaisi_yangudahada;"


25. Perintah yang digunakan untuk menambahkan isi tabel setelah tabel dibuat yaitu "alter table nama_table drop nama_isinya;"


MELAKUKAN BACKUP DAN RESTORE DATABASE PADA WINDOWS SERVER

26. Yang pertama, buat folder yang akan dijadikan tempat untuk backup(opsional/bebas).


27. Buka CMD, dapat dengan ctrl+R, atau dengan melakukan pencarian aplikasi di PC. Lalu jalankan dengan Administrator. 


28. Masuk kedalam folder MySQL Server tersebut. "cd C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.7\bin". Setelah itu gunakan perintah "mysqldump -u root -p --databases riwayat_hidup > C:\backup\databackup.sql". Lalu masukkan password mysqlnya.

riwayat_hidup = nama databases yang telah dibuat tadi.
C:\backup\databackup.sql = lokasi dari folder yang telah dibuat tadi sebagai tempat backup.


29. Lalu buka data yang telah dibackup tersebut. klik kanan lalu Edit with Notepad++.


30. Lalu edit sesuai selera hati, namun harus tetap menggunakan bahasa pemrograman yang ditentukan.


31. Setelah dibackup, kemudian restore kembali. Masuk kedalam folder MySQL Server tersebut. "cd C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.7\bin", kemudian gunakan perintah "mysql -u root -p < C:\backup\databackup.sql" Lalu masukkan password mysqlnya. 


32. Dan data yang ada pada database berubah, karena telah dirubah menggunakan notepad++ tadi.

0 comments:

Post a Comment