Thursday, August 10, 2017

Cara Merubah Core ke Gui di Windows Server

Assalamualaikum Teman, Pada postingan kali ini, saya akan memberitahukan cara merubah tampilan CLI ke GUI di Windows Server, sebelum kita membahas caranya, alangkah baiknya kita paham apa itu CLI, dan apa itu GUI agar tidak hanya sekedar tau, tetapi paham ^^, sedikit penjelasan dari saya, CLI adalah Command Line Interface, CLI ini merupakan tampilan/Interface yang berbasis text dan CLI jarang memiliki gambar/Grafik. biasanya CLI ini hanya sekadar tampilan berBackground polos dan penuh dengan tulisan/text. Dan GUI adalah Graphical User Interface, GUI ini merupakan interface elektronik yang berbasis gambar dan tidak hanya sekedar text, tetapi terdapat gambar dan text yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer/elektronik lain. Berikut adalah cara merubah Core ke GUI di Windows Server :

1. Buka Windows Server yang telah diinstall, untuk tutorial menginstall Windows Server, dapat dilihat disini,  setelah terbuka, ketik perintah "mkdir C:\mountdir" kemudian "cd /" 



2. Lalu setelah itu ketik perintah "Dism /mount-wim /wimFile:D:\sources\install.wim /index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly" tunggu hingga 100% 



3. Kemudian ketik perintah "Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:/mountdir/windows/winsxs" untuk menginstall. lalu setelah itu tunggu loadingnya yang cukup lama dan tunggu hingga selesai. 



4. Lalu setelahi tu akan auto Reboot untuk merubah tampilannya dari CLI ke GUI. 


5. Lalu Windows Server akan meminta anda untuk memasukkan password login ( Harap anda memasukkan password alay) agar secure.



6. Beginilah tampilan dari Windows Server versi GUI

1 comment: