Wednesday, August 2, 2017

Instalasi Windows Server 2016 ( Core )

Hi Guys, apa kabar? Udah lumayan lama ga ngepost, akhirnya ngepost lagi. Kali ini saya akan memposting tutorial instalasi windows server versi CLI menggunakan mesin virtual yaitu VirtualBox, masyarakat yang menggunakan sistem operasi ini rata-rata perusahaan berskala besar. Mari simak tutorial ini dengan baik dan teliti :

1. Open VirtualBox atau sejenisnya. 
 



2. Kemudian, Klik New/Baru



3. Masukan Nama mesin virtualnya, lalu pilih Type dan Version sesuai dengan Sistem Operasi yang akan dijalankan, lalu Next.



4. Setelah itu atur RAM sesuai dengan kemauan, namun jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, atur dengan sesuai, kemudian Next.



5.  Lalu kemudian pilih opsi "Create a virtual hard disk now" , kemudian Create. 



6.  Dan setelah itu pilih tipe file Hard Disknya, Pilih yang VDI aja, karena sedang menggunakan VirtualBox, kemudian Next.



7. Kemudian pilih "Dynamically allocated" karena jika filenya berubah menjadi besar nanti setelah di install, maka hard disk akan menyesuaikan dengan Hard Disk asli dari PC/Laptop, kemudian Next.



8. Lalu setting besar Hard Disk sesuai kebutuhan, agar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, atur sebesar 80 GB ( jika hard disk PC/Laptop mu besar), lalu Create 



9. Kemudian jalankan mesin yang telah dibuat tadi, dengan Start. 




 10. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah, masukkan ISO dari Windows Server 2016 nya dan Start.



11. Lalu setting Bahasa,Waktu dan Keyboard. Setting bahasa "English" dan zona waktunya menjadi zona waktu Indonesia, dan biarkan Keyboard dalam mode Defaultnya. kemudian Next.



12. Kemudian "Install now" 



13. Kemudian pilih opsi System operasi jenis apa yang akan diinstall, yang pertama -> Mode CLI, yang kedua -> Mode Dekstop, yang ketiga -> Data Center mode CLI, yang keempat -> Data Center mode Dekstop. Pilih yang pertama lalu Next.



14. Kemudian Centang lisensi yang harus diberikan oleh Windowslalu Next.



15. Kemudian pilih yang Custom: Install Windows Only (advanced), hanya menginstall Windowsnya saja.



16. Lalu pada saat pembagian partisi, Buatlah 2 Partisi, partisi yang ke-1 untuk System C, dan partisi yang ke-2 untuk Drive D, lalu Next.



17. Tunggu loadingnya selesai.



18. Lalu akan diminta membuat Password untuk login accountnya.



19. Setelah memasukkan Password, lalu pilih OK.



20. Beginilah tampilan dari Windows Server 2016 versi CLI/Core, tinggal config sendiriii :D



Setelah melakukan Instalasi, sekarang tinggal Config aja langsung, semoga Tutorial diatas dapat dimengerti dan dipahami dengan baik ya, pantengin terus blog ini, karena akan banyak memposting hal" yang bermanfaat (Insya allah)
Enjoy^^ 

1 comment: